Jumat, 11 Maret 2016

Teori Komputasi


Assalamualaikum wr. Wb
Ahlan wa sahlan!


Lama sudah tidak berjumpa, untuk kesempatan kali ini saya akan menulis sebuah artikel singkat yang di berikan oleh dosen mata kuliah “Pengantar Komputasi Modern” kita bakal sering ketemu karena hari ini bakal ada 6 artikel baru di blog ku yang sederhana ini :D YEAY..

Pada artikel pertama sya akan bahas mengenai “Teori Komputasi” menurut wikipedia “cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma.” Atau dalam bahasa lain suatu masalah yang dicari jalan keluarnya dengan mendekatkan sebuah algoritma untuk mendapatkan solusinya,, hmm jadi inget sebuah judul film nih!!! Yap The Imitation Game, gimana seorang alan turing menciptakan sebuah mesin (turing machine) yang digunakan untuk memecah pesan rahasia yang terenkripsi oleh Pasukan Nazi German .. karena mesin turing berfungsi sebagai model ideal untuk melakukan perhitungan matematis. Setelah kita cukup mengerti dengan apa itu komputasi, maka mari kita lanjutkan gannnn… Menuju TKP

Teori komputasi itu merupakan sebuah cabang ilmu komputer teoritis yang dapat dibagi menjadi 3 yaitu :
1.       Teori Otomata
Mengacu pada definisi dan sifat model komputasi, seperti yang sudah sya sebutkan tadi Mesin Turing merupakan model komputasi yang sering dipakai

2.       Teori Kompleksitas
Mengklasifikasikan persoalan sebagai persoalan mudah atau persoalan sulit , teori ini ditujukan untuk mengkaji sebuah kebutuhan ruang dan waktu untuk memecahkan persoalan yang nantinya akan diselesaikan dengan pendekatan yang berbeda-beda.

3.       Teori Komputabilitas
Memiliki tujuan untuk memeriksa apakah persoalan komputasi dapat dipecahkan pada suatu model komputasi teoritis ?

Bgaimana kawan ? selanjutnya mari kita intip seperti apa salah satu rupa ilmuwan yang berjasa dalam teori komputasi..

1.       John von Neumann adalah pionir komputer digital modern dan penerapan teori operator di bidang mekanika kuantum.

Hasil gambar untuk john von neumann
2.       Alan Turing

 
wassalamualaikum wr. Wb.

Yongky Martindo Putra
57412856
4IA07
referensi :

0 komentar:

Posting Komentar